8 Bulan Nikah Cerai, Reza DA Ungkap Perlakuan Keluarga Valda Alviana: Mereka Anggap Itu Mainan

 


TRIBUNNEWSMAKER.COM - Pedangdut Reza DA menikah dengan Valda Alviana pada 17 Januari 2021 lalu melalui proses taaruf.

Namun pernikahan yang digelar di Masjid Tujuh Belas Purwokerto, Jawa Tengah itu ternyata tak bertahan lama.

Hanya berselang 8 bulan sejak mengikat janji suci, perceraian mereka diresmikan.

Reza DA dan Valda resmi diputus cerai oleh Pengadilan Agama Bandung, Jawa Barat pada September 2021.

Reza buka suara terkait perceraiannya dengan Valda.

Reza Zakarya dan Valda Alviana bercerai September 2021 (Instagram @reza_zakarya_daa @valda_alviiana)

Ia mengakui, keretakan rumah tangganya mengalami puncaknya yang terjadi sejak Maret 2021 dan ia berusaha untuk mempertahankan.

"Saya mau mempertahankan saat itu, berdasarkan support system saya yang meminta bersabar dan menahan emosinya, serta meminta pertahankan rumah tangga saya dengan mantan istri," kata Reza DA dalam wawancara virtual, Senin (15/11/2021).

Setelah berusaha sekeras mungkin, pria 32 tahun itu menyerah dan kemudian memulangkan Valda ke orang tuanya sejak Mei 2021.

"Setiap orang pasti berusaha mempertahankan ketika rumah tangganya diterpa masalah. Itu yang sempat saya lakukan," ucapnya.

"Ya ujung-ujungnya tidsk bisa. Saya tidak bisa mempertahankan sesuatu yang buruk mending diselesaikan," sambungnya.

Pria bernama asli Reza Zakrya itu mengakui, ketika ia sedang mempertahankan rumah tangganya, pihak Valda diduga menganggap remeh perjuangan pedangdut jebolan ajang pencarian bakat Dangdut Academy itu.

"Mereka seakan anggap itu mainan. Mereka menguji kesabaran saya. Saya berprinsip, kalau gabisa hidup sama saya buat apa dilanjutkan," jelasnya.

Oleh karena itu, Reza DA memutuskan untuk mengakhiri pernikahannya dengan Valda Alviana meski rumah tangga mereka baru berjalan selama delapan bulan.

"Eja bersyukur. Selama masalah ini Eja sangat dikuatkan sama orang-orang supportsystem Eja dari teman kerjaan dan lainnya, termasuk keluarga," ujar Reza DA.

Reza DA Kapok Taaruf, Ingin Ubah Gaya Pacaran Jadi Begini

Reza Zakarya yang dulu menikah dengan proses taaruf kelak tidak akan lagi menjalani proses tersebut bila mencari pendamping hidup.

"Untuk ke depan jalan taaruf tidak lagi saya pilih," ujar Reza Zakarya.

Meski begitu, bukan berarti Reza Zakarya akan melakukan proses pacaran seperti kebanyakan orang lakukan di zaman sekarang.

Reza Zakarya mengaku, proses pacaran hanya untuk membantu dirinya mengenal lebih dalam calon istrinya.

"Tapi bukan berarti saya menghalalkan proses pacaran yang zaman sekarang banget, yang peluk-pelukan, cium-ciuman. Jadi tetap dengan aturan dan norma agama," ungkap Reza Zakarya.

Pria berusia 32 tahun itu mendapatkan banyak pelajaran dari kegagalan rumah tangga yang ia alami.

Oleh karenanya, kelak kepada calon istrinya Reza Zakarya juga akan memperlihatkan bagaimana kehidupannya saat bekerja dan di rumah.

"Jadi kalau nanti punya pacar, aku mau ajak pacar ikut kerjaan aku seperti apa, di kerjaan seperti apa, di rumah seperti apa," terangnya.

Reza Zakarya mengaku, selama menikah dengan Valda Alviana ia dan mantan istrinya itu mengalami banyak kesalahpahaman.

"Supaya dia tahu bahwa suaminya adalah seorang pekerja seni, yang bekerja sesuai dengan skenario orang, yang harus begini harus begitu, enggak boleh begini, enggak boleh begitu," jelas Reza Zakarya.

Selain itu, Reza Zakarya juga akan mengajak orang lain bila ingin bepergian dengan calon kekasihnya.

Ia menegaskan tak mau taaruf bukan berarti menghalalkan yang dilarang dengan alasan untuk lebih saling mengenal.

"Nanti kalau kita mau pergi-pergi dia harus bawa entah ibunya, entah kakak atau adiknya. Saya pun tidak akan sendirian karena saya punya asisten yang selalu ikut saya ke mana-mana," tuturnya.

Dikutip TribunJatim.com dari tayangan Semangat Senin Indosiar, Senin (15/11/2021) sore, penyanyi jebolan Dangdut Academy itu menjelaskan, alasan dirinya kapok taaruf.

"Kalau untuk sekarang Eja kapok taaruf, tapi bukan berarti Eja mengiyakan pacaran yang bermesraan itu hanya saja ya kapok," ujar pria kelahiran 1989 ini.

Reza Zakarya mengatakan tak sedikitpun bersedih karena perceraian ini karena menurutnya dirinya sudah melewati masa paling sedih.

"Seorang Reza eja udah melewati masa sedih banget itu udah gak, kita harus melihat dari segala sisi. Justru yang terpukul itu orangtua, kalau eja pribadi mengambil keputusan menyelesaikan pernikahan saya karena ada sesuatu yang saya rasakan dab akhirnya tidak dapat saya teruskan," jelas Reza Zakarya.

Reza Zakarya membeberkan menikah sejak 17 Januari 2021 sudah sekali cekcok, tidak ada kecocokan dari awal.

"Masalah itu mulai muncul dari berbagai macam, saya berpikir ini tahap awal, sifat asli dari kedua belah pihak karena kan baru nikah tapi akhirnya Eja gak bisa kontrol.

Pada pertengahan Ramadan 3 Mei, dia sendiri ujuk-ujuk kayak membuat statemen sendiri, dia telpon bapaknya minta jemput nangis-nangis minta pulang," jelas penyanyi jebolan Dangdut Academy itu.

Reza Zakarya mengatakan sempat menanyakan salah apa dirinya pada Valda Alviana.

"Saya berusaha untuk menjadi suami yang kalau mau pulang ya pulang aja, saat itu abi yang anter," katanya.

Tujuan Valda Alviana pulang dikatakan Reza Zakarya adalah ingin menenangkan diri, dia pun menenangkan diri.

"Selama dia pulang, gak ada kabar apapun dari dia tapikan maksudnya ya kasih kabar dia kan istri, dari 3 Mei sampai 12 Mei baru chat saya ngucapi ultah jam 6 sore. Dari situ Eja merasa berarti harus mengambil keputusan real kayak yang gak bisa dipertahanin," bebernya.

Pada 16 Mei malam Reza Zakarya menjatuhkan talak dan dia mengatakan Valda Alviana besar serta tinggal dengan pamannya.

"Dia kan besar sama om nya, saya kasih tahu soal kabar talak itu pertama kali ke omnya. Dan respon mereka setelah saya jatuhin talak, jawaban sepupunya, tantenya, pamannya, kalau mereka sudah mengira akan terjadi dan gak akan lama pernikahan ini," katanya.

Sebelumnya, Reza Zakarya memamerkan akta perceraian kepada awak media dalam video yang dibagikan akun @nyinyir_update_official_.

Dengan situasi perceraiannya ini, Reza Zakarya pun meminta teman-teman media tak lagi kaitkan nama Reza Zakarya dengan mantan istri.

"Saya dan mantan istri saya sudah bercerai, ini adalah akta cerai saya, saya yang menggugat mantan istri saya," kata Reza Zakarya.

"Dari situ saya mohon teman-teman media mulai dari sekarang untuk tidak mengkait-kaitkan saya lagi dengan pihak beliau."

Reza Zakarya kemudian membeberkan telah resmi bercerai pada September lalu.

"Kita sudah benar-benar resmi (cerai) tanggal 14 September, kita sudah selesai," jelas Reza Zakarya.

Menikah pada Januari 2021, Reza Zakarya mengungkap rumah tangganya dengan Valda Alviana telah berakhir.

Penyebab perceraian Reza Zakarya dengan Valda Alviana diduga lantaran kemesraan mereka raib.

Reza Zakarya kemudian mengungkap bahwa Valda Alviana telah pulang ke rumah orang tuanya sejak Mei 2021.

"Dari 3 Mei 2021 kita sudah tidak satu rumah," ujar Reza Zakarya kepada Hot Issue Indosiar.

"Beliau (Valda) diantarkan oleh ayah saya, adik saya, dan kakak saya untuk pulang ke rumahnya."

"Ayah saya sendiri yang nyetir mobilnya dibawakan dengan terhormat, diantarkan dia pulang ke ibunya," kata penyanyi jebolan Dangdut Academy musim kedua tersebut.

"Karena dia memang minta pulang."

Unggahan Valda Aviana setelah cerai dari Reza DA (Instagram @valda_aviana)

Di sisi lain, sebagai ibu, Lista mempercayai keputusan sang putra untuk bercerai.

Lista mempercayai takdir dan merasa tidak berhak memaksakan Reza Zakarya untuk bertahan dalam pernikahannya apabila memang sudah tak memungkinkan.

"Mama percaya dengan takdir. Jodoh, mati, rezeki itu Allah yang punya. Jadi saat Reza memutuskan itu ya sebagai orang tua, Mama menasihati. Kamu (Reza) berpikir dulu," tutur Lista.

"Tapi keputusan akhir kita kembalikan sama Reza karena dia yang menjalani. Jadi waktu Reza bilang 'Ma ini udah keputusan Reza' ya Mama menerima. Karena kita nggak bisa ya memaksakan kehendak Mama."

Pernikahan singkat Reza Zakarya yang hanya berlangsung tak sampai 4 bulan lantas menjadi bahan gosip.

Warganet mencibirnya seakan mempermainkan pernikahan yang seharusnya sakral.

"Lah, ngapa lu kaga ikut ngantar dia pulang bang? Biar sama-sama 'terhormat'," sahut akun @gitaxxx.

"Ngumumin cerai koq seneng n semangat bgt y," balas akun @dewixxx.

"Nikah buat main2," timpal akun @aryanixxx.

"Nikah udah kaya maenan ya," kata akun @handi***.

"Perasaan baru nikah belum lamakan ? Wah wah kok bisa ya apa gk saling mengenal lebih jauh dulu karakter masing2 sebelum nikah," sambung akun @iska***.

"Ya allah perasaan baru nikah kemaren," seru akun @nasya***. (Tribun Jatim/Tribunnews)

Deskripsi-Gambar
LihatTutupKomentar