TERUNGKAP 4 Amalan Pak Roh Pemilik Rumah Utuh Meski Diterjang Erupsi Gunung Semeru: Harusnya Hancur

 


SURYA.co.id - Terungkap, ternyata pemilik rumah utuh saat erupsi Gunung Semeru selalu melakukan empat amalan ini.

Pemiliknya adalah Wadiman (55) atau biasa dipanggil Pak Roh. Pak Roh. Dia juga merasa heran melihat rumahnya yang masih utuh dan berdiri tegak. Tidak seperti rumah warga lainnya.

Rupanya, Pak Roh selalu mengamalkan  empat amalan yang tak pernah putus dilakukan, termasuk saat memperingati maulid Nabi Muhammad SAW.

Sebelum Pak Roh angkat bicara, video soal rumahnya yang lolos dari lahar Gunung Semeru sudah viral di media sosial.

Diketahui rumah yang selamat tersebut merupakan milik Pak Roh.

Walau teras rumahnya terlihat kotor oleh abu Vulkanik, namun kondisi rumahnya tidak tertimbun lahar, rumahnya tampak masih kokoh.

Hal tersebut menimbulkan kekaguman dari khalayak terkait sosok Pak Roh.

Terjawab Sudah Amalan Pak Roh Sehingga Rumahnya Lolos dari Lahar Panas Gunung Semeru, Ternyata Sering Lakukan Ini. (kolase Tribun Jatim)

Publik dibuat penasaran dengan amalan apa yang dilakukan Pak Roh sehingga rumahnya bisa lolos dari amukan lahar panas Gunung Semeru.

Menjawab rasa penasaran publik, Pak Roh akhirnya angkat bicara.

Diwartakan sebelumnya, terjangan lahar panas Gunung Semeru, Sabtu (3/12/2021) meluluhlantakkan dan merusak rumah, bangunan dan lahan pertanian di Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur.

Namun, ada satu rumah di Dusun Kampung Renteng yang selamat dari terjangan lahar panas mematikan tersebut.

Meski, rumah-rumah dan truk pasir di sekitarnya nyaris rata tertimbun oleh lahar erupsi Gunung Semeru, rumah Pak Roh selamat dan tetap berdiri kokoh.

Walau teras rumahnya terlihat kotor oleh abu vulkanik, kondisi rumah Pak Roh tidak tertimbun lahar.

Lahar dingin tak masuk sedikit pun ke dalam rumahnya.

Rumahnya viral dan jadi perbincangan, Pak Roh akhirnya bersuara.

Dikutip dari akun Instagram Tribun Jatim, Pak Roh bersyukur rumahnya sama sekali tidak hancur akibat terjangan lahar Gunung Semeru.

"(Rumah Pak Roh) Sama sekali (tidak rusak) erupsi itu enggak masuk ke rumah Saya. Cukup di jalannya aja. Kaget lihat rumah tetangga Saya, habis," ujar Pak Roh dilansir pada Kamis (9/12/2021).

Ditanya soal amalan apa saja yang membuat rumahnya masih berdiri kokoh saat diterjang lahar Gunung Semeru, Pak Roh langsung bercerita.

Bahwa amalan utama yang ia rutin lakukan adalah sholat lima waktu.

Amalan Saya ini yang pertama ya sholat lima waktu. Yang rajin lah," ujar Pak Roh.

Selain sholat, Pak Roh juga menyebut sedekah dan berhubungan baik dengan tetangga adalah amalan yang kerap ia lakukan.

Diungkap Pak Roh, jika Kita bersedekah untuk orang lain, maka sebaiknya tidak diingat atau diungkit.

"Bersedekah. Kalau bersedekah jangan diingat-ingat. Berhubungan baik sama tetangga, saudara. Bersedekah lah yang banyak. Apa yang dibutuhkan sama tetangga, ya Saya beli. Saya dikasih uang enggak mau. Ambil aja kalau mau," pungkas Pak Roh.

Amalan keempat yang sering dilakukan Pak Roh adalah mengaji.

"Saya rajin tiap maulid baca surat Yasin tiga kali, al Ikhlas 31 kali. Alquran khatam tiga kali tiap maulid," ujar Pak Roh.

Perihal posisi rumahnya, Pak Roh menyebut seharusnya tempat tinggalnya itu ikut hancur akibat terjangan lahar Gunung Semeru.

Sebab posisi rumah Pak Roh berada di posisi bawah.

"(Rumah Saya) datarannya dari jalan sama (dengan rumah orang lain). Malah lebih turun punya Saya," akui Pak Roh.

"Harusnya kalau ada erupsi rumah (Pak Roh ikut) terhempas ?" tanya wartawan.

"Ya (harusnya rumah Saya terkena imbas Gunung Semeru) paling tebal punya Saya. Soalnya punya Saya di bawah paling turun. Sekarang tambah turun punya Saya (tanahnya). Di depan rumah udah tinggi. Kalau jalan mau ke rumah posisinya turun (karena Abu vulkanik)," ungkap Pak Roh.

Bercerita lebih lanjut, Pak Roh mengungkap detik-detik saat Gunung Semeru meletus.

Saat itu, Pak Roh sedang memanjat pohon kelapa.

"Saya naik, panjat kelapa. Saya naik ke atas, lihat ke barat kok ada awan panas. Saya turun, baru Saya lari ke anak dan keluarga Saya. Saya suruh cepat-cepat tinggalkan tempat ini," ungkap Pak Roh.

Berhasil kabur dari terjangan lahar Gunugn Semeru, seluruh keluarga Pak Roh yang berjumlah delapan orang selamat semua.

"Saya bikin rumah itu bukan dapat dari tambang pasir, itu hasil keringat Saya sendiri. Itu usaha Saya dari tani, dari ternak. Alhamdulillah bersyukur sekali," ungkap Pak Roh.

Viral

Sebelum Pak Roh angkat bicara, video soal rumahnya yang lolos dari lahar Gunung Semeru sudah viral di media sosial.

Diketahui rumah yang selamat tersebut merupakan milik Pak Roh.

Walau teras rumahnya terlihat kotor oleh abu Vulkanik, namun kondisi rumahnya tidak tertimbun lahar, rumahnya tampak masih kokoh.

"Satu-satunya rumah yang selamat di Kampung Renteng, rumah Pak Roh," tulis akun Tiktok @rendra dikutip dari Sripoku.

Di video itu, pemilik akun juga kaget jika melihat kondisi sekitar yang terdampak erupsi Gunung Semeru, tetapi hanya rumah Pak Roh yang selamat.

"Alhamdulillah ini adalah salah satu rumah yang selamat, padahal disana ada lahar. Terus disana juga sudah tertimbun lahar semua, Alhamdulillah rumahnya terlindungi," katanya.

Tak ayal, warganet juga dibuat bertanya-tanya mengapa rumah Pak Roh bisa selamat.

"Tanyain bapaknya amalannya apa saja yang dilakukan, Masyaallah luar biasa," kata warganet

"Rumah yg mungkin punya amalan ibadah yang baik," tambah warganet

"Mungkin rumah yang mempunyai kekuatan supranatural untuk melindungi si pemilik rumah," ujar warganet

"Bisa jadi rumah yang byk amal kebaikanya kepada manusia dan amal ibadah yang baik kepada Allah," tambah warganet. (TribunBogor)


Deskripsi-Gambar
LihatTutupKomentar